Di Hadapan Sekjen Gerindra, UMKM Cibaduyut Bandung Siap Dukung Prabowo

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani beraudiensi dengan ratusan pegiat UMKM Cibaduyut, di Gedung UPT Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). Pada kesempatan ini, Muzani menyampaikan pentingnya peran UMKM terhadap perekonomian negara.

Saat ini, jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 65 juta di seluruh daerah. Angka tersebut merupakan jumlah yang sangat besar sebagai penopang perekonomian nasional. Oleh sebab itu, Muzani mengingatkan, pentingnya pemberdayaan UMKM oleh pemimpin bangsa di masa mendatang.

“Menhan Pak Prabowo Subianto mengatakan, memberi penguatan terhadap ekonomi rakyat harus menjadi cara pandang kita semua. Sebab, rakyat adalah tulang punggung negara dan sektor itu tercermin dari UMKM. Karena itu geliat UMKM akan menentukan bagi pertumbuhan perekonomian nasional,” kata Muzani dalam pidatonya.

“Kita tidak boleh bosan dan lelah menggiatkan perekonomian rakyat, karena ini tanggung jawab kita memakmurkan kehidupan rakyat. Sebagai pemimpin komitmen itu harus terus ditegakkan. Tetap memakmurkan rakyat meskipun kita tahu besok akan kiamat,” imbuh Muzani.

Bagaimana caranya, lanjut Muzani, yaitu yang kerja tetap kerja, yang dagang tetap jualan, yang petani tetap ke sawah, yang pedagang tetap ke pasar, dan yang pegawai tetap ke kantor. Karena, kata Muzani, hanya itu yang membuat rakyat kuat, ekonomi sehat, dan negara mantap.

Komitmen itu, menurut Muzani, harus menjadi dasar berpikir bagi setiap pemimpin. Jangan ada maksud mencapai popularitas hanya untuk sekadar konten viral yang hanya dimaksudkan untuk pencitraan. Ketulusan dan keikhlasan inilah yang diperlukan dalam tindakan dan keputusan para pemimpin.

“Kita tidak boleh menodai ketulusan dengan niat yang lain. Karena rakyat dan para pelaku UMKM untuk bisa pulih akibat Covid-19 yang diperlukan adalah sentuhan ketulusan, bukan pencitraan, termasuk UMKM Cibaduyut. Jadi tidak ada kaitannya dengan survei yang rendah atau tinggi, biar rakyat yang menilai,” jelas Wakil Ketua MPR itu.

“Karena itu sekali lagi, Pak Prabowo mengingatkan saya, dalam mewujudkan kemakmuran rakyat tidak boleh terperangkan pencitraan, meskipun kita tahu besok akan kiamat,” tambahnya.

Pandemi Covid-19 memberi dampak buruk terhadap sektor UMKM di seluruh Indonesia, termasuk UMKM Cibaduyut. Namun, kata Muzani, kita bersyukur karena sekarang sudah mulai pulih meskipun belum secara keseluruhan.

“Penguatan UMKM yang dilakukan semua pihak sudah berada di jalan yang benar. Tapi yang perlu dilakukan UMKM sekarang adalah inovasi. Jika sebelumnya Ibu Bapak hanya berjualan offline, maka mulai sekarang harus mulai berjualan online,” papar Muzani.

Selain Muzani, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mujahid turut mengisi acara tersebut. Sodik mengatakan, Insya Allah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memiliki komitmen kuat untuk mensejahterakan sektor UMKM.

“Ibu Bapak sekalian, apakah Ibu Bapak siap untuk mendukung Pak Prabowo agar sektor UMKM kedepan bisa terjamin kesejahteraan dan kemakmurannya?,” tanya Sodik.

“Siap, kami bersedia mendukung Pak Prabowo,” jawab hadirin UMKM yang hadir di lokasi.

Dalam kegiatan ini, puluhan pegiat UMKM menyampaikan keluh kesahnya terkait pendapatan mereka. Terutama saat diterpa badai Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk mengurangi produksi sampai memberhentikan pegawai.

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

JAKARTA.- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku mengawasi langkah investasi yang dilakukan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) ke PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan Direktorat Monitoring KPK sudah melakukan pemantauan terhadap proses investasi dari perusahaan telekomunikasi, kepada raksasa aplikasi itu.  “Ya mereka kan,- Tim Monitoring KPK-,  proaktif juga kalau melihat hal yang sedang muncul pemberitaan di masyarakat mereka proaktif juga,” kata Karyoto di Gedung KPK, dikutip Selasa (29/11/2022).

Karyoto menerangkan proses pemantauan atau monitoring ini bertujuan untuk pencegahan korupsi terkait proses investasi ini. Jika ditemukan adanya dugaan perbuatan pidana dalam investasi senilai triliunan itu, maka akan langsung dilakukan gelar perkara.

“Ya kalau monitoring itu punya tugas untuk pencegahan kedepan, untuk dia ditelisik ada pidananya langsung deputi pencegahan minta ke pimpinan, ekspose, kami (Kedeputian penindakan) dihadirkan. Jadi potong prosedur harusnya misalnya lapor dari PLPN, ini langsung dari pencegahan.” imbuhnya.

“Karena pencegahan dari monitoring itulah punya daya cari terhadap tindak pidana tindak pidana yang terjadi di masyarakat,” papar Karyoto.

Dalam catatan di lapangan terungkap, alur penanganan perkara di KPK bermula dari pengaduan masyarakat. Setelah itu KPK akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan atau pulbaket. Kemudian mereka akan melakukan gelar perkara untuk menentukan apakah kasus itu memiliki indikasi pidana atau tidak.

Seperti diketahui, Telkomsel memiliki saham GOTO senilai US$ 450 juta atau setara dengan Rp 6,4 triliun pada November 2020. Nilai investasi itu setara dengan 23,7 miliar saham GOTO.

Sebagai informasi, Investasi yang dilakukan PT Telkomsel ke PT GoTo ini pernah jadi sorotan DPR. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerugian di perusahaan pelat merah tersebut. (*)

KAHMI Harus Dorong Bangsa Ini Hargai Perbedaan dan Berkolaborasi Hadapi Tantangan Ke Depan

Musyawarah Nasional XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) tengah berlangsung di Kota Palu, Sulawesi Tengah (24-28 November 2022). Munas KAHMI ini dibuka oleh Wapres Ma’ruf Amin dan dihadiri sejumlah tokoh nasional. Beberapa diantaranya mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, mantan Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Menko Polhukam Mahfud MD.
 
Dari pantauan awak media, terlihat semangat keberagaman mewarnai sikap alumni HMI terhadap berbagai masalah kebangsaan. Ribuan alumni HMI yang datang dari berbagai penjuru tanah air aktif berdiskusi dengan beragam topik di setiap sudut Kota Palu. Sebagian peserta lainnya menjadikan event munas sebagai ajang silaturahmi dan nostalgia ketika masih sama-sama aktif menjadi pengurus HMI di kampus.
 
“Alumni HMI, sejak awal aktif di HMI, diajarkan untuk berbeda pendapat, dan sudah terbiasa menyelesaikan perbedaan tersebut dengan cara smart dan dewasa,” kata Medrial Alamsyah, alumni HMI dari Bandung yang juga konsultan manajemen publik yang ditemui redaksi di arena Munas di Sriti Convention Hall Kota Palu.

Lebih lanjut Medrial melihat KAHMI sejatinya punya potensi besar karena anggotanya adalah para sarjana, master, doktor dan profesor. Mereka saat ini banyak yang memegang posisi-posisi strategis, baik di politik maupun birokrasi pemerintah. Di samping itu banyak pula yang berkiprah sebagai pengusaha dan profesional. Namun selama ini potensi itu tidak digarap secara serius oleh Majelis Nasional KAHMI sehingga keberadaan KAHMI terkesan banyak mubazir.

“Munas kali ini menjadi momentum bagi KAHMI untuk mengkoreksi diri. Ke depan seyogyanya KAHMI tidak hanya sibuk dengan urusan internal, tetapi mulai menggarap program-program strategis dengan memanfaatkan dan memperkokoh jejaring yang dimilikinya,” ujar Uda Med, panggilan akrab Medrial.

Medrial juga berharap peserta Munas XI kali ini memilih Presidum KAHMI dengan mempertimbangkan keterwakilan/representasi dari berbagai unsur dan latar belakang.
 
“Presidium KAHMI Nasional selama ini didominasi oleh politisi sehingga sikap KAHMI lebih banyak mempertimbangkan kepentingan politik presidium. Bahkan tak jarang pertikaian politik antar dan intra partai ikut mempengaruhi kebijakan di KAHMI Nasional.
Ke depan hal semacam itu harus ditinggalkan. KAHMI Nasional harus mendorong anggotanya untuk saling mendukung sehingga lebih bermanfaat untuk bangsa dan negara. KAHMI harus berperan aktif mencetak manusia Indonesia yang dibutuhkan di masa depan, yakni yang memiliki kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreatif,” lanjut Medrial.
 
Sebagaimana diketahui, ada 40 orang alumni HMI yang dijagokan peserta Munas untuk menduduki anggota Presidium Majelis Nasional KAHMI. Beberapa orang yang menonjol diantaranya dari unsur politisi yakni Ahmad Doli Kurnia, Herman Khaeron, Saan Mustopa dan Romo Syafii. Dari unsur akademisi diwakili oleh Prof. Fasli Djalal dan Dr. Lely Pelitasari. Dari unsur professional ada Fachmi Idris dan Yana Aditya. Sedangkan dari unsur pengusaha beredar nama Ulla Nurachwaty dan Hanifah Husein.
 
Khusus tentang situasi politik saat ini yang cenderung terbelah dan menghambat dialog, Medrial berharap KAHMI harus berani bersikap sehingga ke depan bangsa ini lebih mendorong dialog, menghargai perbedaan, rasional dan menjalin kolaborasi antar anak bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan.
 
“KAHMI harus berani bersikap dan mendorong bangsa ini untuk membuka dialog, menghargai perbedaan, dan berkolaborasi antar anak bangsa untuk bersama menghadapi berbagai tantangan negeri ini,” pungkas Uda Med.

Presidium MN KAHMI 2022-2027 terpilih :

1. Ahmad Dolli Tanjung 417 (Golkar)
2. Ahmad Yohan 343 (PAN)
3. Herman Khaeron 318 (Demokrat)
4. Saan Mustofa 316 (Nasdem)
5. M Rifky 310 (PDIP)
6.Abdullah Puteh 295 (Golkar)
7. Romo H.R.M.Safii 290 (Gerindra)
8. Zulfikar Arse Sadikin 284 (Golkar)
9. Sutomo 270

Pakar Ungkap Sosok Tepat Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika

BANDUNG – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera memasuki masa pensiun. Sejumlah nama pun digadang-gadang jadi sosok pengganti Andika sebagai Panglima TNI berikutnya.

Pengamat militer Apep Agustiawan menuturkan ada satu sosok yang dianggap cocok untuk menggantikan Andika. Dia menilai, KSAD Jenderal Dudung Abdurahman bisa jadi pilihan.

“Kalau kita melihat dan menilai, memang Jenderal Dudung paling pas, sesuai dengan kebutuhan serta tantangannya. Jenderal Dudung selama ini sangat aktif di bidang kemandirian pangan,” kata Apep dalam keterangan resminya, Senin (21/11/2022).

Sosok Dudung dianggap mampu menjawab keresahan yang dirasakan Presiden Joko Widodo mengenai ancaman krisis pangan. Untuk itu, di antaranya diperlukan Panglima TNI yang secara rentang kendali mumpuni.

Dia mengatakan Panglima TNI perlu sososk yang tegas dan berani dalam mengelola operasi perang atau kondisi rawan hingga pelosok.

Di sisi lain, juga yang merakyat yang berpengalaman dalam operasi selain perang, seperti membangun kantong-kantong pertahanan pangan dan terlibat dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

“Beliau (Dudung) sangat peduli, keliling, bergerak, memetakan, hingga mengubah lahan yang semula tidur, tidak termanfaatkan, menjadi area produktif dengan mendorong anggotanya dan masyarakat untuk menanam. Hal ini menunjukkan beliau memiliki kepedulian tinggi dan melihat jauh apa yang akan terjadi ke depannya dan mengantisipasinya,” katanya.

Hal ini juga disebut membuktikan Dudung mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah dengan menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan.
Dukungan itu dilakukan Dudung dengan memerintahkan satuan jajaran TNI AD agar menciptakan lahan kosong menjadi lahan produktif yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan produksi pangan, sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

Kegiatan tersebut sekaligus menggambarkan adanya peran serta TNI AD dalam membantu masyarakat untuk meningkatkan produksi pangan, pengawalan dan pendampingan kepada masyarakat dan petani dalam penggarapan lahan. (Red)

Investasi Jumbo, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Warisan Jokowi untuk Energi Bersih

BALI – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa proyek PLTA Kayan Cascade, Kalimantan Utara adalah sebuah era baru dari proses produksi energi di Indonesia.

Menurutnya, PLTA Kayan Cascade adalah bukti jika Indonesia mampu berkegiatan produktif yang sejalan dengan prinsip-prinsip ramah lingkungan. “Ini adalah sejarah dan jawaban masa depan,” ujarnya usai memberikan sambutan dalam acara The Signing Ceremony of Principles Agreement for Project Cooperation Related to Energy Transition between PLN and Sumitomo Corporation yang digelar di sela-sela perhelatan G20 di Hotel Intercontinental Sanur Denpasar, Minggu (13/11).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala KSP Moeldoko, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Presiden Direktur Sumitomo Corporation Masayuki Hyodo, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, dan Kepala Perwakilan Sumitomo di Indonesia Eko Hadipermana. Adapun dari PT Kayan Hydro Energy (KHE) hadir Direktur Utama Andrew Suryali.

Sebagai informasi, PLTA Kayan Cascade berkapasitas 9.000 Megawatt dengan nilai investasi total 17,8 miliar dollar AS. Fasilitas terbaru ini nantinya bakal mengakselerasi niatan pemerintah Indonesia dalam Paris Agreement dan CPOP26 terkait ekonomi hijau.

“Desember nanti kita groundbreaking,” tegasnya. Lebih lanjut, Moeldoko juga menyampaikan jika PLTA Kayan Cascade adalah salah satu bagian penting dari pemerintahan Presiden Jokowi. Pasalnya, fasilitas infrastruktur ini adalah proyek investasi terbesar di hampir 10 tahun belakangan. “Ini akan menjadi legacy dari pemerintahan Pak Jokowi,” tutup dia.

PLTA Kayan Cascade berkapasitas 9000 Megawatt dengan nilai investasi total 17,8 miliar dollar AS ini juga merupakan bentuk nyata dari dukungan terhadap komitmen pemerintah Indonesia dalam Paris Agreement dan CPOP26 terkait ekonomi hijau.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia telah berkomitmen dalam mempercepat transisi energi. Selain mematok target bauran energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025, Presiden Joko Widodo juga menegaskan komitmen Indonesia dalam pemenuhan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Proyek PLTA Kayan Cascade ini sudah berjalan sejak 2011. Konstruksi bendungan pertama akan dimulai pada awal 2023 dan diperkirakan selesai pada tahun 2027.

Listrik yang dihasilkan oleh proyek PLTA ini akan menyuplai kawasan industri hijau yang dikembangkan PT. Indonesia Strategis Industri (ISI) dan kebutuhan listrik di Pulau Kalimantan pada umumnya.

Dengan terbangunnya PLTA Kayan Cascade maka daya tarik kawasan industri hijau ini akan semakin kuat bagi seluruh kalangan industri yang peduli pada pengurangan emisi karbon.

Selain itu, dalam rangka mendukung program percepatan transisi energi dan peningkatan energi terbarukan di dalam bauran energi nasional, melalui inisitif PLN, KHE dan Sumitomo Corp berkomitmen membantu percepatan pengurangan emisi karbon sesuai komitmen Pemerintah Indonesia di dalam Paris Agreement dan COP26. (*)

Ketum SMSI Dan Rombongan Kunjungi Objek Wisata Tanjung Lesung

Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus beserta rombongan mengunjungi Tanjung Lesung Beach Club. Rombongan tersebut terdiri dari Ketua Harian PHRI Banten GS. Ashok Kumar, Ketua Dewan Pakar PPP, Makmun Muzaki, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra, Ketua SMSI Banten Lesman Bangun, Presiden ASC Edi Muhdi Zein, serta Ketua PWI Kota Serang, Teguh Akbar Idham, Pemerhati Lingkungan dan Industri Puja Sumarna.

Kedatangan Ketua Umum SMSI Firdaus disambut langsung oleh General Manager Tanjung Lesung Widi Widiasmanto. Rabu (09/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum SMSI Firdaus beserta rombongan berkeliling meninjau berbagai area dan fasilitas yang disajikan Tanjung Lesung. Mulai dari monitor deteksi Gempa Bumi, Peta Lokasi hingga Beach Club.

General Manager Tanjung Lesung Widi Widiasmanto menyampaikan hingga saat ini pihaknya terus berekpansi dalam peningkatan sarana dan prasarana salah satunya dengan pembangunan Marina. “Keberadaan pelabuhan ini tentu sangat potensial dengan status zona perairan internasional,” ujar Widi.

Disisi lain, pada kesempatan tersebut, Widi mengajak para pelaku industri wisata di Banten untuk dapat bersama-sama dalam membangun sektor pariwisata Banten.

“Tentu dengan semangat KEK, diperlukan kebersamaan semua pelaku industri pariwisata di Banten. Tidak bisa jalan masing-masing jadi tinggal dikemas bersama karena potensi pariwisata di Banten ini sangat luar biasa dan beragam,” pungkas Widi dengan semangat.

KSAL-KSAD Kompak Nyanyi Ojo Dibandingke: Di Hati Ini Hanya Ada Pak Prabowo

JAKARTA – Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut (AL) mengukuhkan KRI dr Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991 di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman kompak bernyanyi lagu Ojo Dibandingke.

Menhan Prabowo Subianto sudah menutup acara pengukuhan KRI dr Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991 dengan berfoto bersama. Acara dilanjutkan dengan hiburan dan bernyanyi bersama.

KSAL Yudo dan KSAD Dudung kemudian menyanyikan lagu Abah Lala yang sempat viral beberapa waktu lalu. Mereka terlihat berjoget bersama diiringi lagu dan alunan musik.

Tampak pula para prajurit yang ada di sana berjoget bersama. Bahkan terlihat Menhan Prabowo Subianto berdiri di samping KSAL Yudo dan KSAD Dudung langsung berjoget sembari menebar senyum.

Prabowo awalnya menepuk tangannya. Setelah itu terlihat dia sedikit menggoyangkan badannya, diiringi lagu yang dinyanyikan. Terdengar juga KSAL Yudo dan KSAD Dudung mengubah sebagian syair lagu dengan nama Prabowo Subianto.

“Wong ko ngene kok dibanding-bandingke. Saing-saingke yo mesti kalah. Tak oyako aku yo ora mampu. Mung sak kuatku mencintaimu. Kuberharap engkau mengerti. Di hati ini hanya ada Pak Prabowo,” ucap Yudo dan Dudung saat bernyanyi.

Bersama taruna dan taruni TNI AL, Prabowo Subianto terlihat berjoget dinyanyikan lagu Ojo Dibandingke oleh KSAL Yudo dan KSAD Dudung. Suasana lokasi pun semakin meriah. Tak sedikit peserta acara yang juga ikut bernyanyi dan berjoget.

Seperti diketahui nama dr Wahidin Sudirohusodo dikukuhkan menjadi nama KRI. KRI Wahidin Sudirohusodo-911 akan menjadi kapal rumah sakit (RS) terapung.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, hari ini Kamis, tanggal 3 November 2022 pukul 09.42 WIB, dengan ini nama dr Wahidin Sudirohusodo saya kukuhkan menjadi nama KRI dr Wahidin Sudirohusodo dengan nomor lambung 991,” kata Menhan Prabowo Subianto di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (3/11).

Prabowo mengatakan nama tersebut dipilih sebagai penghormatan atas jasa pahlawan Wahidin Sudirohusodo untuk kedaulatan Indonesia.

“Pemberian nama pahlawan nasional kepada kapal ini membuktikan bahwa kita selalu ingat asal usul kita, kita ingat bahwa kita merdeka karena pengorbanan keteladanan dan kepemimpinan para pahlawan nasional kita,” ujarnya. (Red).

Pujian Luar Biasa Mengalir Kepada KASAD Dudung Atas Penyelenggaraan Liga Santri 2022

JAKARTA- Final Piala KASAD Liga Santri 2022 hari Sabtu (22/10) ini resmi ditutup di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Tim Jawa Barat 1 Pondok Pesantren Salafiyah Al-Faalah tampil sebagai kampiun. Tim Jabar 1 sukses menang lewat adu penalti dengan menundukkan tim Jawa Timur 3 dari Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo dengan skor 5-3 melalui drama adu penalti.

Dalam partai final ini hadir KASAD Jenderal Dudung Abdurachman, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dan Ketua KONI Letjen (Purn) Marciano Norman.

“Luar biasa, saya tidak mengira kalau pak KASAD menyelenggarakan liga santri seserius ini. Luar biasa,” terang Menag seusai menyaksikan final yang dihadiri ribuan penonton itu.

“Serius sekali, tahun sebelumnya juga digelar liga santri tapi tidak sedahsyat ini. ini keren. Saya selalu Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada pak KASAD atas inisiatifnya menggelar liga santri ini,” sambungnya.

KASAD Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan liga santri ini menjadi ajang potensi sepak bola bagi generasi muda khususnya dari kalangan santri.

“Dari ajang liga santri akan muncul talenta-talenta berbakat, dan ke depannya dapat tampil di tingkat nasional dan internasional,” harap KASAD.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan menambahkan banyak pemain nasional yang berasal dari santri.

Sebut saja Evan Dimas, Witan Sulaiman, Nadeo Argawinata dan lain lain.

“Luar biasa Liga Santri ini. Banyak pemain berkualitas yang tampil di sini.

Sumbangsih Liga Santri ini akan sangat terasa untuk persepakbolaan Indonesia,” tutup Iriawan.

Menpora Zainudin Amali yang datang mewakili Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi turnamen ini dapat berjalan lancar dan sukses.

“Semoga ajang ini mampu mendapatkan bibit-bibit unggulan pesepakbola yang handal. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menggulirkan turnamen ini,” kata Amali.

Kunjungi Kalimantan Timur, Jokowi Meninjau Infrastruktur IKN

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi di Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (25/10/2022). Beberapa di antaranya menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat penerima manfaat serta meninjau pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi didampingi rombongan terbatas tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 09.55 WITA setelah menempuh perjalanan lebih dari dua jam dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Presiden Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Klandasan, Kota Balikpapan, untuk menyerahkan bantuan tunai langsung (BTL) kepada para pedagang pasar dan pedagang kaki lima yang ada di kawasan itu.

Presiden Jokowi juga akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Kota Balikpapan. Bantuan sosial yang diserahkan antara lain bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan subsidi upah (BSU).

Setelah itu, Presiden akan menuju Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan, untuk lepas sauh menuju Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan KRI Escolar 871.

Setibanya di Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk meninjau sejumlah infrastruktur mulai dari land development, Bendungan Sepaku Semoi, hingga Persemaian Mentawir.

Selesai meninjau infrastruktur IKN, Presiden Jokowi dan rombongan akan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut dalam rombongan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Fraksi PAN Dukung kedekatan Jenderal Dudung dengan Umat Islam dan Sowan ke Ulama

Jakarta – Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus mendukung penuh jika Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman semakin intensif melakukan kunjungan ke pesantren dan menemui ulama.

“Tentu kita memberikan apresiasi bahwa KSAD (Dudung) melakukan silaturahim, pendekatan kepada ulama dan pesantren karena umat Islam di Indonesia itu kan lebih dari 86 persen,” ujar Guspardi saat dihubungi, Kamis (20/10/2022)

Menurut Guspardi, kunjugan Jenderal Dudung ke pesantren dan menemui ulama dalam rangka menyamakan ide dan gagasan dalam rangka mempertahankan persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Bagaimana membangun komunikasi, silaturahim, pendekatan secara kekeluargaan. Nanti muncul ide dan gagasan bagaimana membangun persatuan dan kesatuan sehingga visi misi KSAD akan mudah dicerna, diterima oleh ulama dan pesantren,” ucap anggota Komisi II DPR itu.

Guspardi menyampaikan bagaimana mungkin ide besar tentang kebangsaan, keumatan, pemerintahan dan ke Indonesiaan bisa dibangun jika tidak ada pendekatan secara kekeluargaan.

“Orang Indonesia itu sifatnya kekeluargaan, pendekatan itu tentu dibangun dengan silaturahim. Dengan pendekatan kekeluargaan itu akan dengan mudah berinteraksi, melakukan sosialiasasi kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah terutama dalam hal pertahanan dan keamanan. Sehingga kebijakan itu mendapat dukungan dari ulama, pesantren dan umat Islam,” paparnya.

Dia lantas berharap kunjungan Jenderal Dudung ke pesantren dan menemui ulama mendapat dukungan dari semua kalangan. Hal itu dianggap sangat penting, karena menjaga keamanan dan pertahanan negara ini tidak hanya mengandalkan kekuatan TNI, tapi juga seluruh rakyat Indonesia.

“Iya (mendukung KSAD Dudung) kunjungan ke pesantren dan menemuai ulama karena dia pimpinan TNI AD. Jadi apa yang dilakukan itu sudah benar,” pungkasnya.

Siber Indonesia Network

Exit mobile version