oleh

Odekta Ratu Marathon Indonesia Lahir di Event Dunia Jakarta Marathon

Jakarta Marathon kembali digelar setelah dua tahun terhenti. Jakarta Maraton yang kini memasuki tahun ke-9 kali, sempat tertunda karena wabah pandemi covid-19 melanda. Pada oktober 2022 tahun ini mengusung tema “Reborn”, dinilai membawa semangat atlit nasional dan internasional.

Gelaran tahun ini, diikuti sekitar puluhan ribu peserta mendaftar di laman resmi Jakarta Marathon. Pelari yang terbagi dalam empat kategori yakni full marathon, half marathon, 10 km, dan 5 km.

Dimulai dan finish pada Minggu (16/10/2022), di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, turut dihadiri para atlit marathon kelas nasional dan kelas dunia, diantaranya dari jepang, lainnya Ethiopia, Kenya, dan lainnya.

Pada kelas half Marathon yang dimenangkan Odekta Elvina Naibaho.
Odekta sapaan akrabnya mengaku merupakan atlit yang dibina oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI,red)

Wanita muda kelahiran Kab. Dairi, Prov. Sumut tersebut tercatat juga berprestasi diantaranya prestasi gemilang nya meraih Emas Maraton pada PON XX 9 / 2021 dengan capaian 2 Jam 48 Menit 46 Detik.

Baca Juga  Pemprov DKI Gelar Jakarta Imlekan 2022 untuk TIngkatankan Persatuan

Tidak hanya prestasi Nasional yang telah ditorehkan, Odekta juga mengharumkan nama bangsa dengan peraihan Emas Maraton pada Sea Game Vietnam 5 / 2022, dengan capaian waktu : 2 Jam 55 Menit 27 Detik.

“Saya beterima kasih atas segala perhatian kepada semua pihak, terutama Badan Intelijen Negara yang telah berjasa memperhatikan atlit Marathon dan atlit-atlit Indonesia” tegas Odekta.

Chairman dan Co-founder Jakarta Martahon, Sapta Nirwandar berharap gelaran ini akan memberikan semangat bagi para pelari dan juga berharap nantinya Jakarta Marathon akan menjadi acara kelas dunia.

“Mudah-mudahan ini juga memberikan semangat untuk para pelari, semangat untuk Jakarta Marathon agar lebih perform pada penyelenggaraannya menjadi berkelas dunia”, ujar Sapta.

Di tempat yang sama, Anggi salah satu pengunjung pemerhati event nasional mengapresiasi Jakarta Marathon yang dinilai telah melahirkan Ratu Marathon Indonesia.

Baca Juga  Warga Sorong dibuatkan Rumah Oleh TNI AD

“Salut untuk ajang Jakarta Marathon dinilai melahirkan Ratu Marathon Indonesia berkelas Dunia” tegas Anggi.

Lebih lanjut dikatakan Joni sebagai salah satu pihak pendukung kegiatan Jakarta Marathon, mengatakan Jakarta Marathon kali ini berbeda karena diketahui adanya Atlit berkelas Dunia yang dibina Badan Intelijen Negara, yang mampu sejajar dengan Pelari Dunia.

“Bangga melihat seorang wanita asli Indonesia menjadi pelari berprestasi serta mampu memenangkan event berkelas internasional” ujar Joni

Hasil penelusuran awak media, Odekta asal Dairi, Prov. Sumut 32 tahun lalu tersebut, memang benar dibina Jenderal Polisi (P) Dr. H. Budi Gunawan, M.Si, Phd Kepala Badan Intelijen Negara, yang juga dibawah asuhan Kedeputian Dalam Negeri dibawah komando Mayjend TNI Edmil Nurjamil.

Baca Juga  Sukses Swasembada Beras, Indonesia Raih Penghargaan IRRI

Jakarta Marathon salah satu ajang
latihan bagi atlit nasional diantaranya juga sebagai salah satu ajang bergengsi Marathon karena juga diikuti pelari elite ranking dunia yang diundang secara khusus, serta telah melahirkan Ratu Marathon Indonesia, Odekta Elvina Naibaho.

Sebagai informasi, secara keseluruhan *Jakarta Marathon 2022 diikuti oleh 15.300 peserta*. Adapun untuk nomor *Half Marathon (21 km) diikuti oleh 3.000 peserta.*

*Odekta Elvina Naibaho memenangkan Jakarta Marathon 2022 di nomor Half Marathon (21 km)* kelas internasional.

Odekta melaksanakan start pukul 06.00 WIB dan finish pukul 07.17 WIB, dengan *catatan waktu sementara Odekta Naibaho di nomor half marathon adalah 1 jam 18 menit 04 detik dan keluar sebagai _JUARA 1_.*

Adapun _*JUARA 2*_ diraih oleh *pelari internasional berkebangsaan Kenya* dengan catatan waktu 1 jam 22 menit 01 detik.

(Jiwa).

News Feed